Manasik Haji Cilik Se Kecamatan Kemuning, Dalam Rangka Menumbuhkan Semangat Berhaji Sejak Dini

 

Batu Ampar. 16 Mei 2024

“MANASIK HAJI CILIK SE KECAMATAN KEMUNING, DALAM RANGKA MENUMBUHKAN SEMANGAT BERHAJI SEJAK DINI”

Puji sukur kehadirat Allah SWT yang senatiasa melimpahkan rahmat dan berkatnya kepada kita semua sehingga kita dapat mengikuti kegiatan ini dalam keadaan sehat wal’afiyat dan tanpa suatu halangan apapun. Shalawat beriring salam tak lupa pula kita hadiahkan kepada nabi besar Muhammad SAW dengan mengucapkan SHALAWAT “ALLAHUMMA SHOLLI ‘ALA SAYYIDINA MUHAMMAD WA’ALA ALIHI SAYYIDINA MUHAMMAD”

1. Dasar kegiatan acara ini dibuat yaitu Q.S Ali Imron : 97 Yang Artinya “ Ibadah Haji merupakan kewajiban manusia kepada Allah, yaitu bagi mereka yang mampu melakukan perjalanan ke ka’bah Baitullah. Barang siapa yang mengingkarinya maka sesungguhnya Allah maha kaya dan tidak memerlukan sesuatu dari alam semesta”

 2. Tema Acara ini yaitu “MANASIK HAJI CILIK, MENUMBUHKAN SEMANGAT BERHAJI SEJAK DINI”

3. Adapun tujuan diadakannya kegiatan ini yaitu,

· Memberikan pengalaman dan pemahaman ilmu dasar manasik haji kapada siswa TK/PAUD sedini mungkin tentang kewajiban ibadah haji bagi setiap mulim, juga diharapkan dapat berimbas kepada orang tua siswa sehingga yang sudah mampu untuk melaksanakan ibadah Haji memiliki ketertarikan untuk melaksanakan rukun islam ke-lima tersebut.

· Anak usia 4/5 tahun memiliki daya ingat yang kuat, diharapkan juga dengan diadakannya kegiatan ini bias merangsang mereka jika sudah dewasa kelak untuk berkeinginan (berniat) melaksanakan ibadah Haji. · Sebagai Syiar Islam di lingkungan kecamatan kemuning dan sekitarnya.

· Sebagai sarana Taqarrub kepada Allah SWT agar segera dipanggil untuk melaksanakan ibadah Haji.

 4. Kegiatan manasik haji ini dilaksanakan ke 2 kalinya di kecamatan Kemuning dan ditahun kedua ini bertepatan didesa Batu Ampar, besar harapan kami agar kegiatan ini dapat dilakukan ditahun-tahun berikutnya.

5. Peserta Kegiatan manasik Haji tahun ini berjumlah sekitar 659 orang anak didik dari 25 Sekolah TK/PAUD yang ada di kecamatan kemuning

Yang di hadiri  oleh:

1.      Bunda PAUD kecamatan kemuning

2.      Korwil Pendidikan Kec. Kemuning

3.      Kapolsek Kec. Kemuning

4.      Koramil Kec. Kemuning

5.      Ketua PGRI Kec. Kemuning

6.      Ketua HIMPAUDI Kec. Kemuning

7.      KUA Kec. Kemuning

8.      Kapus Kec.Kemuning

9.      Kepala Desa / Kelurahan Se-Kec.Kemuning

10.  Bunda PAUD Desa/Kelurahan Se- Kec.Kemuning

11.  Para Donatur dan Tamu Undangan

12.  Para Pendidik TK/PAUD Se-kec. Kemuning

13.  Wali Murid

      Dokumentasi:


S


















Potensi Desa

Potensi desa adalah segenap sumber daya alam dan sumber daya manusia yang dimiliki desa sebagai modal dasar yang perlu dikelola dan dikembangkan bagi kelangsungan dan perkembangan desa.

Profil Desa

Desa Batu Ampar berada di kecamatan Kemuning, Kabupaten Indragiri Hilir, Riau, Indonesia. Desa Batu Ampar merupakan desa yang berdiri pada tahun .....

Transparansi Desa

Infografis Pemasukan dan Pengeluaran Keuangan Desa.

Copyright © 2023 Desa Batu Ampar